1. Blender 3D | Tutorial Bahasa Indonesia
TENTANG BLENDER
Selamat datang di Blender! Blender adalah rangkaian pembuatan 3D sumber terbuka dan gratis.
Dengan Blender, Anda dapat membuat visualisasi 3D seperti gambar diam, animasi 3D, dan bidikan VFX. Anda juga dapat mengedit video. Ini sangat cocok untuk individu dan studio kecil yang mendapat manfaat dari alur terpadu dan proses pengembangan yang responsif.
Menjadi aplikasi lintas platform, Blender berjalan di Linux, macOS, serta sistem Windows. Ini juga memiliki persyaratan memori dan drive yang relatif kecil dibandingkan dengan suite pembuatan 3D lainnya. Antarmukanya menggunakan OpenGL untuk memberikan pengalaman yang konsisten di semua perangkat keras dan platform yang didukung.
Siapa yang menggunakan Blender?
Blender memiliki berbagai macam alat/tools sehingga cocok untuk hampir semua jenis produksi media. Profesional, penghobi, dan studio di seluruh dunia menggunakannya untuk membuat animasi, aset game, gambar bergerak, acara TV, seni konsep, papan cerita, iklan, dan film layar lebar.
Lihat halaman Cerita Pengguna di situs web Blender untuk lebih banyak contoh.
Fitur Utama
- Blender adalah rangkaian pembuatan konten 3D yang terintegrasi penuh, menawarkan berbagai alat penting, termasuk Modeling, Rendering, Animation & Rigging, Video Editing, VFX, Compositing, Texturing, dan banyak jenis Simulasi.
- Ini lintas platform, dengan GUI OpenGL yang seragam di semua platform utama (dan dapat disesuaikan dengan skrip Python).
- Ini memiliki arsitektur 3D berkualitas tinggi, memungkinkan alur kerja pembuatan yang cepat dan efisien.
- Ini membanggakan dukungan komunitas aktif. Lihat blender.org/community untuk daftar lengkap situs.
- Ini memiliki executable kecil, yang opsional portabel.
Blender memungkinkan untuk melakukan berbagai tugas, dan mungkin tampak menakutkan saat pertama kali mencoba memahami dasar-dasarnya. Namun, dengan sedikit motivasi dan materi pembelajaran yang tepat, Anda bisa membiasakan diri dengan Blender setelah beberapa jam latihan.
Manual ini adalah awal yang baik, meskipun lebih berfungsi sebagai referensi. Ada juga banyak tutorial video online dari situs web khusus.
Terlepas dari semua yang dapat dilakukan Blender, Blender tetap menjadi alat. Seniman hebat tidak menciptakan mahakarya dengan menekan tombol atau memanipulasi kuas, tetapi dengan mempelajari dan mempraktikkan mata pelajaran seperti anatomi manusia, komposisi, pencahayaan, prinsip animasi, dll.
Perangkat lunak pembuatan 3D seperti Blender memiliki kompleksitas teknis tambahan dan jargon yang terkait dengan teknologi yang mendasarinya. Istilah seperti peta UV, material, shader, meshes, dan "subdivs" adalah media seniman digital, dan memahaminya, bahkan secara luas, akan membantu Anda menggunakan Blender sebaik mungkin.
Jadi teruslah membaca manual ini, pelajari alat Blender yang hebat, dan buka pikiran Anda pada bidang seni dan teknologi lainnya -- dan Anda juga bisa menjadi seniman hebat.
Berikut index lanjutan dari tutorial Blender 3D :
2. Sejarah Blender 3D | Tutorial Bahasa Indonesia
3. Tentang Perangkat Lunak Bebas dan GPL | Tutorial Blender 3D Bahasa Indonesia
4. Komunitas | Tutorial Blender 3D Bahasa Indonesia