1. Sekilas Tentang Program Dasar (Tutorial KOTLIN - Bahasa Indonesia)
Dalam pelajaran ini, Anda akan menulis program Kotlin pertama Anda, yang menampilkan "Hello, World!" Ini langkah pertama yang harus dilakukan oleh setiap pemula. Meskipun programnya sendiri sangat sederhana, program ini tetap berfungsi, dan menunjukkan sintaks dasar dari bahasa pemrograman.
Di bawah ini adalah kode sumber dari program ini:
Jika Anda sudah menginstal IDEA seperti IntelliJ, Eclipse dll untuk mengetik kode sumber/source code, Anda dapat mencoba langsung pada IDEA Anda. Atau bisa juga dengan mecoba menjalankan online kode tersebut pada Playground Kotlin.
Terminologi Dasar
Sekarang, mari pelajari terminologi dasar dan kemudian coba pahami program kita.
- Program adalah urutan instruksi (disebut pernyataan), yang dieksekusi satu demi satu dengan cara yang dapat diprediksi. Aliran berurutan adalah situasi yang paling umum dan langsung ketika pernyataan dieksekusi sesuai urutan penulisannya, yaitu, dari atas ke bawah, satu demi satu;
- Statemen/Pernyataan (atau pernyataan pemrograman) adalah satu perintah yang akan dieksekusi (seperti mencetak teks);
- Ekspresi adalah potongan kode yang menghasilkan satu nilai (misalnya, 2*2 adalah ekspresi);
- Sebuah blok adalah sekelompok pernyataan nol atau lebih yang diapit oleh sepasang kurung kurawal {...};
- Keyword/Kata kunci adalah kata yang memiliki arti khusus dalam bahasa pemrograman. Nama kata kunci tidak dapat diubah;
- Identifier/Pengidentifikasi (atau nama) adalah kata yang ditulis oleh programmer untuk mengidentifikasi sesuatu;
- Komentar adalah sepotong teks yang diabaikan saat menjalankan program – itu hanya menjelaskan bagian dari kode. Komentar dimulai dengan //;
- Spasi kosong adalah area kosong, tab, atau baris baru; itu digunakan untuk memisahkan kata-kata dalam program dan untuk meningkatkan keterbacaan.
Program Hello World mengilustrasikan penggunaan elemen dasar dari setiap program Kotlin.
Titik masuk. Kata kunci fun mendefinisikan fungsi yang berisi sepotong kode untuk dijalankan. Fungsi ini memiliki nama khusus main. Ini menunjukkan titik masuk program Kotlin. Fungsi memiliki badan yang diapit oleh kurung kurawal {...}.
Kita akan membahas fungsinya nanti. Nama fungsi ini harus selalu sama: main. Jika Anda menamainya Main atau MAIN atau yang lainnya, program tidak akan dimulai. Tulisan main harus ditulis dengan tulisan kecil (lowercase) tidak boleh ada salah satu hurufpun yang menggunakan huruf besar atau beberapa atau semuanya.
Mencetak "Hello, World!". Bagian fungsi ini terdiri dari pernyataan pemrograman yang menentukan apa yang akan dilakukan oleh program. Program mencetak string "Hello, World!" menggunakan pernyataan berikut:
println("Hello, World!")
Ini adalah salah satu hal terpenting untuk dipahami tentang program Hello World. Fungsi println untuk menampilkan string diikuti dengan baris baru di layar. Kita akan sering menggunakan cara ini untuk mencetak sesuatu.
Program dengan banyak pernyataan
Sebagai aturan, sebuah program berisi banyak pernyataan. Anda harus memulai baris baru untuk menulis setiap pernyataan. Misalnya, program di bawah ini memiliki dua pernyataan:
Jika Anda menjalankan program, Anda akan melihat bahwa itu menampilkan ini:
Selamat! Anda telah menulis program pertama Anda, yang mencetak "Hello, World!" Ini memiliki satu fungsi bernama main, yang merupakan titik masuk dari program ini. Jangan khawatir tentang semua istilah tersebut (sintaks, pernyataan, blok.